Storytelling: The Hero’s Journey

Storytelling : The Hero’s Journey

The Hero’s journey” merupakan struktur dari cerita yang banyak dikenal melalui buku “The Hero with a Thousand Faces” karya Joseph Campbell dan diadaptasi oleh Christoper Vogler dalam “The Writer’s Journey”.

Menurut pembahasan di dalam buku “The Writer’s Journey”, terdapat 12 tahap perjalanan pahlawan yang biasanya banyak di adaptasi oleh film-film layar lebar yang sudah kita kenal seperti Star Wars, The Lord of the Rings, The Matrix, Harry Potter, Kung Fu Panda. King Arthur dan lain sebagainya.

Ada 3 babak cerita dalam The Hero’s Journey, yaitu

  • Act 1 : The beginning
  1. Ordinary world
  2. Call to adventure
  3. Refusal of the call
  4. Meeting with Mentor
  5. Crossing the threshold 
  • Act 2 : The Middle
  1. Tests, Allies, Enemies
  2. Approach to Inmost Cave
  3. Ordeal
  4. Reward ( Seizing the sword )
  • Act 3 : The End
  1. The road back
  2. Resurrection
  3. Return with the Elixir

 

Berikut Struktur cerita yang terdapat dalam The Hero’s Journey :

  1. Ordinary world

Tahap ini merupakan tahap perkenalan, dimana sang tokoh utama di perkenalkan kepada kita sebagai tokoh yang menjalani kehidupan normal sehari-hari dengan dunia yang sangat identik dengan kehidupan sehari-hari yang kita kenal pada umumnya. Kita bisa dengan sangat mudah mengidentifikasikan diri kita dengan sang tokoh utama pada perkenalan awal ini.

  1. Call to Adventure

Pada tahap ini, sang tokoh utama mulai diperkenalkan pada sebuah tantangan dalam kehidupannya yang sebelumnya baik-baik saja. Bisa saja karena seseorang datang dan memberitahukan suatu kabar penting yang harus ditanggapi segera, anggota keluarga yang ada dalam bahaya, atau adanya suatu tindakan yang harus diambil karena bahaya yang akan datang pada lingkungan tempat dia hidup.

 

  1. Refusal of The Call

Dengan adanya tantangan besar yang datang secara tiba-tiba ke dalam kehidupannya yang sebelumnya penuh dengan kedamaian, sang tokoh utama biasanya akan merasa ragu-ragu dan bahkan menolak panggilan yang ditujukan padanya. Bisa saja pada akhirnya sang tokoh utama akan menghabiskan waktunya untuk melarikan diri dari panggilan hidup yang sebenarnya hanya bisa di jawab oleh si tokoh utama itu sendiri.

  1. Meeting the Mentor

Dalam perjalanan untuk menjawab tantangan dalam petualangannya, sang tokoh utama biasanya akan menemui seorang mentor yang bisa memberikan nasihat bijaksana, keahlian yang diperlukan dan kekuatan semangat yang sangat dibutuhkan olehnya. Kehadiran sang mentor bisa memberikan dukungan moral serta bantuan untuk menghapus rasa keraguan yang terdapat pada si tokoh utama.

  1. Crossing the Threshold

Pada tahap ini, akhirnya sang tokoh utama membulatkan tekadnya untuk menjawab panggilannya dan memutuskan untuk berpetualang walaupun dia tidak mengetahui tantangan seperti apa tepatnya yang akan menunggunya di depan. Tahap ini ditandai dengan komitmen dari sang tokoh utama untuk meninggalkan zona nyaman sehari-harinya ( bisa saja berupa pergi dari keluarganya ) untuk menuju pada suatu daerah yang baru dengan pengalaman dan tantangan barunya.

 

  1. Test, Allies & Enemies

Di dalam awal perjalanan petualangannya, sang tokoh utama akan menghadapi suatu ujian awal pada kemampuan yang sudah dimilikinya. Pada tahap ini juga akan hadir tokoh-tokoh yang akan menjadi teman seperjuangan dalam perjalanan dan sang tokoh utama akan menjumpai juga orang-orang yang sebaiknya tidak dipercayai serta musuh-musuh yang bisa menghalangi sang tokoh utama dalam menyelesaikan misi perjalanannya. Ujian yang datang berupa tantangan di awal perjalanan ini sebenarnya akan mempersiapkan sang tokoh utama untuk terus maju dalam menghadapi tantangan yang lebih besar lagi di depan nanti.

  1. Approach to The Inmost Cave

Ini merupakan tahap dimana sang tokoh utama memasuki tempat tergelap yang bisa saja ditandai dengan tempat secara fisik seperti goa atau bisa juga ditandai dengan kejadian-kejadian yang gawat serta fatal yang belum pernah dialami sebelumnya. Tahap ini bisa memberikan suatu konflik batin pada sang tokoh utama dan membuatnya berpikir ulang kalau apa yang dilakukannya ini sebenarnya sudah benar atau tidak. Namun tahap ini sebenarnya merupakan suatu persiapan untuk menghadapi tahap selanjutnya dengan rintangan yang lebih besar.

 

  1. Ordeal

Ordeal merupakan tahap dimana sang tokoh utama harus menghadapi tantangan terberatnya dan merupakan tantangan antara hidup dan mati. Tahap ini bisa juga ditandai dengan kematian dari teman seperjuangannya dan datang berupa ujian besar atau musuh terbesarnya yang menentukan nasib perjalanan selanjutnya. Kehidupan dari sang tokoh utama tidak akan lagi menjadi sama setelah melewati tahap krisis ini, karena tidak ada lagi jalan untuk kembali selain tetap berjalan ke depan walaupun harga yang harus dibayarkan untuk melewati tahap krisis di tahap ini sangatlah mahal.

  1. Reward ( Seizing The Sword )

Setelah melewati rintangan terbesarnya dan mengalahkan musuh, sang tokoh utama biasanya akan mendapatkan suatu keberanian yang baru yang bisa juga ditandai dengan didapatnya senjata yang baru, suatu rahasia, kemampuan atau pengetahuan untuk bisa kembali ke tempat asalnya dengan membawa suatu solusi .

 

  1. The Road Back

Tahap ini ditandai dengan dimulainya perjalanan pulang setelah mendapatkan reward yang dibutuhkan untuk solusi jalan keluar dari suatu permasalahan besar yang mungkin akan menimpa daerah asal tempat dimana keluarga sang tokoh utama tinggal. Tahap ini bisa juga ditandai dengan suatu keharusan dari si tokoh utama untuk tetap melanjutkan perjalanannya agar bisa menyelesaikan masalah yang lebih besar dengan kekuatan barunya, dengan suatu keyakinan kalau tetap maju ke depan merupakan satu-satunya jalan untuk si tokoh utama bisa kembali ke tempat asalnya.

 

  1. Resurrection

Dalam tahap klimaks ini, sang tokoh utama berjuang menghadapi pertempuran hidup dan mati dengan musuh serta ketakutan terbesarnya atau musibah yang lebih besar darinya serta mengalami tahap kematian atau menyerah dalam berjuang. Kebangkitan dalam tahap ini bisa ditandai dengan kebangkitan secara fisik setelah mengalami suatu kematian sementara atau ditandai dengan bangkitnya semangat yang sempat jatuh mengingat kalau sang tokoh utama tidak hanya berjuang untuk dirinya saja tapi juga untuk orang-orang yang dikasihinya.

  1. Return with the Elixir

Akhirnya sang tokoh utama berhasil kembali ke tempat asalnya dengan membawa harapan baru, solusi penting yang bisa menyelesaikan masalah untuk lingkungan tempat tinggal asalnya. Sang tokoh utama kembali sebagai orang yang berbeda dan lebih dewasa daripada sebelumnya setelah melewati berbagai macam halangan, rintangan dan pengalaman penting yang tidak akan dapat terlupakan olehnya. Tahap ini bisa ditandai dengan suatu perayaan kalau masalah besar yang ada akhirnya terpecahkan , musuh besar sudah dikalahkan dan semua pihak teman seperjuangan mendapatkan imbalannya.

 

Demikianlah artikel singkat kami mengenai struktur cerita yang sudah dikenal secara umum dan dipakai sebagai panduan dalam menciptakan cerita secara global di dunia perfilman dan animasi.

Kami memiliki program-program courses seperti 3D modeling, Animasi & Digital compositing yang bisa membantu anda dalam meniti karir di dunia animasi.  Silahkan klik gambar di bawah ini untuk melihat course-course kami lebih lanjut.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Related Posts