PILIHAN KARIR DI DUNIA ANIMASI

Ada begitu banyak pilihan-pilihan karir bagi anda yang ingin berkarir di dalam industri dunia animasi. Karena untuk memproduksi suatu film animasi, dibutuhkan kerjasama dari beberapa departemen-departemen yang biasanya di kerjakan oleh orang-orang yang secara spesifik mendalami bidangnya. Beberapa pilihan karir dalam dunia animasi diantaranya seperti :

1. Storyboard Artist
Storyboard artist merupakan bagian pekerjaan dimana kita akan lebih banyak menggambar panel-panel storyboard berdasarkan script yang sudah ada, serta menentukan sudut pandang kamera dan komposisi yang sesuai dengan alur cerita animasi yang terdapat pada scriptnya.

2. 2D Concept Artist
2D Concept artist bertanggung jawab untuk memberikan design konsep karakter , benda-benda properti atau lingkungan yang akan digunakan pada film animasi nantinya. Hasil design biasanya di finalisasi dengan menggunakan Photoshop lengkap dengan penentuan warna & rendering shading gelap terangnya sehingga kita bisa mempunyai gambaran yang lebih jelas mengenai design yang akan digunakan pada film animasinya.

3. Script Writer
Para Script Writer merupakan orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan ide cerita bagi animasi yang akan diproduksi, melakukan riset seputar cerita animasi tersebut, melakukan perencanaan untuk penciptaan karakternya dan menentukan dialog serta plot cerita yang terdapat pada film animasi tersebut.

4. 3D Generalist Artist
3D Generalist artist merupakan orang-orang yang bisa diberikan tanggung jawab secara general di dalam produksi suatu film animasi yang melingkupi modeling, texturing, animasi, pemberian FX, lighting serta compositing, tergantung dari di bagian lini mana dari produksi ini yang paling dibutuhkan pada saat produksi animasi berlangsung.

5. 3D Animator
3D Animator melingkupi pekerjaan dimana orang-orang yang ada di dalamnya bertanggung jawab hanya untuk menggerakkan karakter 3D yang sudah disediakan. Para 3D Animator bertanggung jawab untuk membuat gerakan-gerakan animasi yang terdapat pada film animasi terlihat menarik, masuk akal serta tetap berpatokan pada petunjuk gerakan yang sudah disediakan lewat storyboard oleh para storyboard artist animasi.

6. 3D Layout Artist
3D Layout artist bertanggung jawab untuk meletakkan elemen-elemen yang akan digunakan pada suatu shot animasi dan kemudian menggerakkan elemen-elemen didalamnya secara draft sesuai dengan petunjuk visual dari storyboard dan timing audio dari departemen audio untuk animasi tersebut. Hasil pekerjaan dari para 3D layout artist nantinya yang akan di lanjutkan oleh para 3D animator untuk diberikan gerakan-gerakan animasi yang lebih detail dan lanjut.

7. 3D Modeller
3D Modeller merupakan para modeller 3D yang bertanggung jawab untuk menterjemahkan konsep yang didapat dari para concept artist menjadi bentuk modeling 3D yang akan dipakai di dalam film animasi bersangkutan. 3D modeling yang akan di produksi bisa mencakup modeling karakter, props ( benda-benda) & environment ( lingkungan ).
3D modeling yang dihasilkan harus bisa dipertanggung jawabkan dalam hal jumlah polygon yang dipakai, serta user friendly ( terutama untuk 3D model karakter ) untuk kepentingan pemberian rigging bagi para 3D Rigger dan penggerakan animasi bagi para 3D animator nantinya.

8. 3D Rigger
Para 3D Rigger bertanggung jawab untuk memberikan rigging ( tulang ), pemberian facial ( ekspresi wajah ), memberikan control system untuk model-model 3D karakter yang akan dipakai dalam film animasi, sehingga model-model 3D karakter tersebut bisa lebih mudah diberikan gerakan animasinya.

9. Lighting Artist
Para Lighting Artist bertanggung jawab untuk memberikan pencahayaan pada scene 3D animasi berdasarkan nuansa yang diberikan oleh para concept artist. Pencahayaan yang diberikan harus bisa meliputi penciptaan mood ( suasana hati ) yang akan dirasakan oleh para penonton animasi begitu mereka melihat adegan animasi tersebut berdasarkan script cerita dari animasi tersebut.

10. VFX Artist
VFX Artist merupakan para artist yang bertanggung jawab untuk penambahan efek-efek pada film animasi seperti efek asap, partikel debu, api dan efek-efek lainnya.

11. Compositor
Compositor bertugas untuk menggabungkan elemen-elemen render film animasi yang biasanya diberikan secara terpisah seperti karakter dan background, untuk kemudian di gabungkan menjadi satu keutuhan scene dan sekaligus di berikan perbaikan warna secara keseluruhan untuk menjaga kesatuan warna pada satu film animasi.

12. 3D Texture Artist
3D Texture artist secara spesifik bertugas untuk melukis tekstur yang akan diaplikasikan kepada 3D modeling dari departemen 3D Modeller. Pada beberapa perusahaan tertentu, pekerjaan ini sudah terintegrasi dengan pekerjaan 3D Modeller dan umumnya hanya dipisahkan pada perusahaan-perusahaan berskala besar dengan job desk yang spesifik.

13. Technical Director
Technical Director bertugas untuk memberikan arahan teknis bagi orang-orang yang ditempatkan di bawah pimpinan tanggung jawabnya dan menjaga keseluruhan produksi untuk tetap pada tenggat waktu yang sudah ditentukan. Seorang Technical Director bertanggung jawab dalam menghadapi atasan serta klien untuk memberikan pertanggungan jawab terhadap hasil yang dikerjakan oleh tim produksi animasi yang dipimpinnya.

 

Demikian pilihan karir di dunia animasi yang umumnya terdapat pada studio-studio animasi di Indonesia. Semakin besar ukuran studio animasi tersebut, maka biasanya posisi yang ditawarkan pun lebih spesifik dan lebih beragam dari posisi-posisi yang tercantum diatas.
Semoga artikel ini bisa berguna untuk membantu anda dalam menentukan pilihan bagi anda yang memutuskan untuk berkarir di dunia industri animasi baik secara nasional maupun internasional.

Selain skill teknis yang kompeten dalam bidang animasi, aspek lain yang sangat penting dan dicari dari seorang pekerja adalah aspek Sikap (attitude). Bagi anda yang ingin mengetahui tentang attitude apa saja yang dibutuhkan dalam industri animasi, silahkan mendownload E-book kami yang bisa anda dapatkan secara FREE dengan mengklik gambar di bawah ini.

Apabila anda tertarik untuk mempelajari Animasi, kelas Professional Course “Level Fundamental 1 – Animation” kami sudah terbuka untuk pendaftaran!

Silahkan klik gambar di atas  untuk informasi lebih lanjut atau email kami di info@dapoeranimasi.com untuk pertanyaan mengenai kelas batch berikutnya.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Related Posts