Matte painting : Apakah itu?

Matte Painting : Apakah itu?

Mungkin beberapa dari kita sempat bertanya-tanya, apa sih sebenarnya yang sering disebut dengan “Matte Painting” itu? Kami akan mencoba menjelaskan mengenai Matte Painting secara sederhana dan semoga bisa berguna 🙂

Matte Painting merupakan bagian dari ranah visual effects dalam pembuatan film atau animasi untuk penempatan background landcape yang luas. Background landscape ini biasanya belum tentu bisa ditemukan di dunia nyata, mustahil untuk dikunjungi dan terlalu mahal bila dilakukan rekayasanya secara fisik.

Pada jaman sebelum era komputer digital menjadi semakin maju seperti sekarang ( yang sering disebut dengan “The Golden Era” dalam dunia perfilman), Matte painting dilakukan secara manual dengan melukiskan gambar background pada panel kaca yang nantinya akan dishoot dengan menggunakan kamera.

Pada jaman dimana kecanggihan teknologi komputer digital sudah semakin maju, pembuatan Matte Painting bisa dilakukan dengan pemakaian softwate 3D & 2D digital dan mempercepat proses produksi matte painting itu sendiri.

Hasil background digital yang dihasilkan kemudian di implementasikan ke dalam film untuk menggantikan background layar hijau pada hasil footage shooting film.

Background yang dihasilkan oleh Matte Painting biasanya merupakan background pemandangan landscape yang luas dan megah, serta hanya di tampilkan dalam durasi detik yang singkat. Oleh karena itu, sangat penting untuk sebuah matte painting mempunyai komposisi yang kuat serta focal point yang sangat jelas, mengingat gambar tersebut harus gampang terbaca dalam durasi shot yang sebegitu singkatnya.

 

Matte Painting biasa digunakan dimana saja?

Matte painting sering digunakan dalam film-film hollywood, animasi dan iklan TVC untuk penggambaran background yang megah dan luas.

Software yang biasa digunakan untuk memproduksi Matte Painting secara digital yaitu Adobe Photoshop dan software 3D pada umumnya seperti Autodesk Maya, 3Dsmax, untuk melakukan 3D blocking objek sebagai panduan matte paintingnya.

 

Proses Matte Painting Digital

Pada umumnya, proses pembuatan matte painting dimulai dari sketsa konsep, yang kemudian di buat versi berwarnanya..dan bila diapprove maka satu persatu elemen-elemen yang ada pada konsep warnanya digantikan  dengan foto-foto atau elemen 3D sampai menjadi final matte painting yang di approve oleh art directornya.

 

Bagaimana cara untuk menghasilkan Matte Painting yang baik?

Setidaknya ada 4 elemen yang perlu diperhatikan bila kita ingin menghasilkan Matte painting yang baik, yaitu :

  1. Perspektif

 

2. Komposisi

 

3. Warna

4. Value

 

Demikian artikel singkat kami mengenai Matte painting dan cara pembuatannya. Semoga bisa berguna bagi teman-teman yang selama ini bertanya-tanya mengenai apa itu matte painting dan proses pembuatannya.

Untuk melihat proses Matte painting lebih lanjut, kami mempunyai beberapa tutorial video yang bisa anda nikmati secara gratis di sesi cemilan gratis kami. ( Silahkan klik gambar dibawah ini )

Dan juga pembahasan webinar mengenai Matte painting pada beberapa waktu yang lalu yang bisa anda lihat juga disini. ( klik gambar dibawah )

 

Bila anda ingin mempelajari proses matte painting secara lebih detail, maka anda bisa mengunjungi Hidangan Prasmanan kami yang merupakan pembelajaran intensif berupa 16 video tutorial selama 2 jam 27 menit ditambah dengan banyaknya bonus-bonus yang menarik untuk mendukung penguasaan materi matte painting ini. ( Klik gambar-gambar dibawah ini untuk informasi lebih lanjut )

Terima kasih dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Related Posts