6 Attitude ( Sikap ) yang dibutuhkan dalam dunia Industri Animasi

Dalam industri animasi, skill & kompetensi teknis yang baik memang sangat dibutuhkan..tapi kita tidak boleh melupakan ada faktor lain yang sangat menentukan bila ingin bertahan & memberikan dampak yang positif dalam industri animasi, yaitu sikap ( attitude ).

Ada 6 sikap yang setidaknya dibutuhkan, yaitu :

  1. Rendah hati ( Humility )

Kerendahan hati berarti kita mengetahui kalau sepandai apa pun kita dalam pengetahuan dan kemampuan, akan selalu ada orang yang lebih baik dari kita dan kita bisa belajar banyak dari siapapun baik melalui senior atau junior kita, bila kita mau terus terbuka untuk belajar dan menerima masukan serta kritik yang ditujukan pada kita untuk menjadi lebih baik.

  1. Pikiran yang terbuka ( Open Mind )

Seringkali kita temukan kalau kita bisa belajar melalui semua kejadian-kejadian & orang -orang yang ada dalam kehidupan kita baik besar maupun kecil. Kita harus tetap terbuka dan siap bila tiba saatnya wawasan baru tersebut datang untuk dipelajari dalam kehidupan kita.

  1. Kemampuan dalam menyimak ( Listening Skill )

Kemampuan dalam menyimak, menerima instruksi dan bukan hanya mendengarkan merupakan hal yang penting dalam setiap industri manapun. Menyimak berarti kita mampu menyerap informasi secara utuh dan bukan hanya mendengarkan informasi yang disampaikan, tapi juga mengetahui hal-hal tidak tersirat apa saja yang menjadi maksud sesungguhnya dari informasi yang disampaikan tersebut.

  1. Bekerja sebagai Tim ( Team Player )

Kita tidak bisa mencapai sesuatu yang besar sendirian. Oleh karena itu, untuk memproduksi suatu karya animasi yang bisa memberikan dampak luas, dibutuhkan kerjasama dalam suatu tim. Kemampuan untuk bisa bekerja sama dalam tim & kemampuan untuk berkomunikasi yang baik serta jelas dengan sesama rekan kita merupakan suatu kemampuan ( skill ) yang sangat berharga.

  1. Mindset sebagai Pemberi Solusi ( Problem Solver )

Kita harus menyadari kalau keberadaan kita di industri sebenarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan klien kita. Oleh karena itu, sangat penting bila kita tidak hanya memikirkan segi teknis produksi saja tapi bagaimana dengan sisi teknis yang kita ketahui tersebut bisa memecahkan masalah serta memberikan jawaban yang dibutuhkan oleh klien kita.

  1. Profesionalisme ( Professionalism )

Yang dimaksud dengan profesionalisme ialah kemampuan untuk berkomitmen terhadap projek sampai sampai selesai dengan kualitas dan tenggat waktu yang sudah di sepakati bersama semenjak awal, serta tidak mencampur adukkan masalah pribadi sehingga berpengaruh pada kelangsungan projek dan menjaga kepercayaan relasi terhadap klien dengan tidak membocorkan rahasia projek atau mengambil keuntungan pribadi dari projek tersebut. ( Terima kasih kepada Polan atas tambahan poinnya )

Demikian 6 sikap yang merupakan sikap-sikap penting untuk di miliki untuk bukan hanya bertahan dalam industri animasi namun bisa memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan orang banyak. Bila sekiranya ada masukan tambahan silahkan berkomentar lewat kolom comment yang ada di bawah ini. Terima kasih dan selamat berkarya! 🙂

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Related Posts