5 Tips untuk Menghasilkan Demo Reel yang baik

 

Demo reel yang baik merupakan hal yang sangat penting bila anda ingin melamar pekerjaan pada perusahaan animasi. Demo reel yang diterima dengan baik bisa merupakan pintu gerbang untuk masuk ke dalam industri animasi yang menjadi impian anda. Seringkali music & packaging yang dipakai bukanlah hal yang terpenting untuk bisa mempunyai sebuah demo reel yang baik, melainkan content dari reel tersebut tetap merupakan yang terpenting.

Berikut kami lampirkan 5 tips untuk menghasilkan demo reel khususnya bagi anda yang baru pertama kali ingin melamar ke dalam industri animasi :

  1. Tidak lebih dari 2 menit

Berikan hanya karya yang terbaik anda dan usahakan untuk tidak terlalu panjang. Durasi 1- 2 menit merupakan durasi yang ideal.

  1. Mulai & Akhiri dengan karya anda yang terbaik

Mulai dengan memberikan karya terbaik anda yang sesuai dengan posisi yang sedang anda tuju. Sebagai contoh, bila ingin melamar sebagai animator, maka tampilkan karya karakter animasi anda yang benar-benar menunjukkan kekuatan anda dalam menganimasikan karakter tersebut. Lalu berikan karya karakter animasi lain anda di bagian durasi tengah, serta akhiri dengan kembali memberikan karya karakter animasi terbaik anda yang bisa memberikan kesan mendalam bagi yang melihatnya.

  1. Tunjukkan kontribusi/peran anda

Bila anda menunjukkan suatu karya tim, pastikan kalau karya tersebut boleh dipublikasikan dan jelaskan apa peranan anda di dalamnya. Sebagai contoh : The Arrival ( 2014 ), saya melakukan lighting & rendering untuk adegan sequence ini di 3dsMax  ( dengan sambil menunjukkan adegan yang dimaksud ). Bila memungkinkan, merupakan suatu nilai plus untuk menyertakan break down dari adegan tersebut ( mulai dari model 3D tanpa lighting & teksturing sampai pada lighting tahap akhir )

  1. Berikan Judul dengan Nama, email serta nomor yang bisa dihubungi pada awal dan akhir demo reel.

Bisa juga menambahkan ikon-ikon logo software yang anda pakai dan pastikan durasinya cukup lama ( minimal 5 detik ) agar informasi di bagian ini bisa di terima dengan baik.

  1. Berikan looks yang terbaik untuk reel anda & tunjukkan pada orang lain

Pastikan secara keseluruhan demo reel anda mempunyai warna yang tidak saling berbenturan, font yang nyaman untuk dilihat serta tunjukkan pada orang lain untuk mendengar pendapat mereka ( bisa kepada teman anda atau orang yang sudah lebih senior dalam bidang pekerjaan yang ingin anda tuju) .

 

Demikian 5 tips dari kami untuk menghasilkan demo reel yang baik. Pastikan reel anda sesuai dengan lingkup pekerjaan yang anda tuju ( reel modeling untuk pekerjaan modeler , reel karakter animasi untuk pekerjaan animator dan hal serupa juga untuk texture artist, shading artist, compositor artist, lighting artist dsb ).

Semoga bisa berguna untuk anda dan Good luck untuk melamar pekerjaan ke tempat impian anda 🙂

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Related Posts