10 Tips untuk menjadi lebih efektif sebagai pekerja seni di dunia animasi

 

10 Tips untuk menjadi lebih efektif sebagai pekerja seni di dunia animasi :

 

  1. Rencanakan sehari sebelumnya ( Plan a Day before )

Waktu merupakan aset kita yang paling berharga selain dari kesehatan, karena waktu yang sudah terlewatkan tidak akan pernah bisa datang kembali lagi. Agar waktu-waktu yang ada tidak tersia-siakan begitu saja, ada baiknya kalau kita menyempatkan diri setidaknya 15 menit sehari pada malam hari untuk merencanakan kegiatan apa ( melakukan daftar “to do” check list ) atau scene apa yang mau kita kerjakan atau selesaikan pada esok hari, agar keesokan harinya kita tiba di tempat kita bekerja dengan rencana yang jelas akan kegiatan yang mau kita lakukan dan target yang mau kita selesaikan.

 

  1. Kesampingkan gangguan ( Eliminate Distraction )

Bila kita mendapatkan suatu pekerjaan atau scene yang mempunyai tingkat prioritas tinggi untuk diselesaikan segera, maka sebaiknya kita kesampingkan terlebih dahulu kegiatan-kegiatan seperti melihat facebook, instagram atau mengecek email selama kita melakukan pekerjaan tersebut agar kita bisa melakukannya dengan fokus yang terbaik dan pekerjaan bisa cepat untuk diselesaikan.

 

  1. Olahraga ( Exercise )

Tubuh yang sehat merupakan modal utama kita untuk memproduksi serta menyelesaikan apapun pekerjaan yang perlu kita  selesaikan. Oleh sebab itu, olahraga yang teratur selama setidaknya 30 menit perhari ( minimal 3-4 hari dalam seminggu ), bisa membantu kita menjadi lebih seimbang dalam pergerakan tubuh mengingat pekerjaan sebagai seorang animator biasanya menghabiskan waktu yang sangat lama dengan duduk di depan komputer.

 

  1. Makan makanan yang bergizi ( Eat healthy and well )

Menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi juga sangat penting, mengingat kesehatan kita merupakan modal utama kita dalam mencapai apapun yang ingin kita capai dalam hidup ini. Bukan berarti tidak bisa menikmati makanan-makanan yang lezat 🙂 tapi ada baiknya bila makanan yang kita konsumsi juga terdapat di dalamnnya sayur-sayuran yang bergizi serta secara teratur dalam mengkonsumsi buah-buahan untuk memperlancar metabolisme tubuh kita.

 

  1. Seimbang antara bekerja & istirahat ( Balance between work & rest )

Hidup ini tidak melulu hanya sekedar bekerja. Bila tiba waktunya untuk beristirahat, maka ada baiknya untuk mengenyampingkan pekerjaan kita dan menikmati waktu istirahat kita..karena kualitas istirahat kita akan menentukan kualitas pekerjaan kita juga. Rekreasi ( Re-Creation ) merupakan proses pembaharuan diri yang penting supaya kita bisa lebih efektif dalam menghasilkan kontribusi kreatif kita. Setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menikmati waktu istirahatnya, entah itu dengan menikmati waktu bersama keluarga , teman dan orang-orang terdekat, jalan-jalan, nonton bioskop, bermain game…apapun itu nikmati hidup ini dengan tetap menjaga keseimbangan antara bekerja dengan rekreasi.

 

  1. Tidak pernah berhenti belajar ( Never Stop Learning )

Selama kita hidup, proses belajar tidak akan pernah berhenti. Sebagai seorang pekerja / animator, sangat penting bagi kita untuk terus meningkatkan skill serta menambah ilmu dengan terus belajar dari sumber manapun secara teratur. Kita bisa belajar dengan cara secara konsisten meluangkan waktu dalam sehari selama setidaknya 1 jam dengan memilih untuk membaca buku , mempelajari tutorial video atau mendengarkan podcast yang bisa membantu kita untuk menjadi lebih baik dalam bidang animasi yang kita geluti.

 

  1. Mempunyai Mentor ( Having Mentors )

Mempunyai setidaknya seorang mentor atau orang yang lebih berpengalaman diatas kita dalam kehidupan kita merupakan hal yang sangat penting. Seorang mentor akan membantu serta membimbing kita untuk menjadi lebih cepat dalam mencapai tujuan kita, mengingat seorang mentor sudah mempunyai pengalaman sebelumnya dalam bidang yang kita geluti dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

 

  1. Waktu Tenang ( Quiet Time )

Waktu tenang di pagi hari selama setidaknya 15-30 menit untuk merefleksikan hidup kita secara keseluruhan ( bisa juga dengan berdoa, meditasi atau membaca kitab yang sesuai dengan keyakinan kita masing-masing ) serta waktu tenang di malam hari untuk mereview kegiatan apa yang sudah kita lakukan selama sepanjang hari tersebut apakah sudah produktif atau tidak, merupakan hal yang penting untuk membantu kita tetap on track dalam perjalanan mencapai tujuan hidup kita. Tentu saja pada akhirnya kita akan mengetahui kegiatan/kebiasaan produktif apa dalam studio animasi tempat kita bekerja yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan serta kegiatan tidak produktif apa yang harus sudah kita tinggalkan karena belum tentu membantu kita dalam mencapai sasaran kita.

 

  1. Mempunyai goal tertulis ( Have written goals )

Menuliskan goal kita di atas kertas merupakan hal yang tercepat untuk membantu kita menuangkan goal secara konkrit dan terbaca. Goal yang tidak tertulis akan membuat kita tidak mempunyai sasaran yang jelas serta mudah melupakan goal yang sebelumnya sudah terlintas dalam pikiran kita. Sebagai contoh : bila anda mempunyai goal untuk bekerja dalam studio animasi tertentu, maka tuliskanlah goal itu dan sesuaikan kegiatan anda agar semua  yang anda lakukan bisa diusahakan untuk membuat anda menjadi lebih dekat dengan goal tersebut.

 

  1. Mengasah kemampuan anda secara terus menerus ( Continuously Hone your skill )

Dengan terus menerus mengasah kemampuan yang sudah anda punya di waktu luang anda, apakah itu dengan melakukan latihan animasi dengan mempelajari referensi atau menggambar, maka sudah bisa dipastikan kita akan terus menjadi lebih baik dengan seiring berjalannya waktu dan akan menjadi semakin dekat dengan tujuan atau impian kita sebagai seorang animator yang bekerja dengan kualitas kelas dunia 🙂

 

Demikianlah 10 tips untuk menjadi lebih efektif sebagai pekerja seni dalam dunia animasi dari kami, semoga bisa berguna bagi anda. Bila sekiranya ada yang ingin ditambahkan silahkan menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Related Posts